Deretan Fakta HMS Warriors, Kapal Perang Dengan Bahan Besi Pertama Yang Ada Di Dunia

Deretan Fakta HMS Warriors, Kapal Perang Dengan Bahan Besi Pertama Yang Ada Di Dunia

Selama ini, memang keberadaan kapal dengan bahan dasar kayu sendiri memang dianggap tidak terlalu efektif, apalagi untuk menunjang berbagai kebutuhan dalam sektor pertahanan. Maka dari itu, kemudian muncul inisiatif untuk menciptakan kapal dengan bahan dasar besi untuk mengganti material kayu sebagai bahan pembuat kapal.

Pada akhirnya, angkatan laut kerajaan inggris merealisasikan ide tersebut dan kemudian membangun kapal dengan menggunakan bahan dasar besi. Besi sendiri memang dinilai mempunyai banyak kelebihan. Nama kapal ini sendiri dikenal dengan sebutan HMS Warriors. Kapal ini sendiri tercatat sebagai kapal berbahan dasar besi pertama semenjak pertama peluncuran nya dari 150 tahun lalu.

Berikut ini deretan fakta tentang HMS Warriors :

  1. Merupakan pesaing kapal Perancis di awal abad 19

Perancis sendiri memang salah satu negara yang memulai rencana membuat kapal dengan bahan dasar besi. Karena terkendala terbatasnya teknologi, maka dari itu besi hanya dibalutkan pada permukaan kayu nya. Kemudian angkatan laut kerajaan inggris tersebut memiliki inovasi yaitu mengubah kayu dengan baja atau besi. Karena persaingan tersebut, imggris dinilai mengambil langkah yang jauh lebih hebat dan kemudian menghasilkan HMS Warriors. HMS Warriors sendiri merupakan kapal pertama yang memakai besi sebagai bahan utama pembuatan kapal.

  • Melibatkan lebih dari 2000 pekerja

Ide untuk membuat kapal ini sendiri dicetuskan oleh Laksamana Baldwin Walker. Dirinya menginginkan kapal dengan kekuatan yang jauh lebih besar. Selepas rencana tersebut disetujui, pembangunan ini dikerjakan dengan melibatkan 2000 pekerja di dalamnya. Para pekerja nya sendiri bekerja dengan sistem bergiliran, siang dan juga malam. Kapal ini sendiri memiliki panjang 127 meter. HMS Warriors sendiri menggunakan tenaga uap di dalamnya.

  • merubah nama setelah 40 tahun

bergerak sebagai salah satu kapal yang menjaga inggris, kapal ini sendiri berubah nama menjadi Vernon III. Perubahan ini juga dilakukan untuk menunjang jalan nya sekolah angkatan laut yang ada di kawasan Inggris.

  • Direnovasi kemudian beralih fungsi sebagai museum

Di tahun 1979, kapal ini sendiri kemudian mengalami perombakan atau renovasi. Selanjutnya kemudian kapal ini sendiri beralih fungsinya menjadi sebuah museum. Awal nya, kapal ini menjadi kapal untuk membawa bahan bakar. Kemudian pada tahun 1987, tepat nya tanggal 16 Juni kapal ini difungsikan sebagai sebuah museum.

Itulah deretan fakta – fakta mengenai kapal HMS Warriors. Kapal ini sendiri memang memiliki sejarah panjang dalam kisah nya. Kapal ini juga memiliki banyak sekali manfaat, khusus nya pada angkatan laut di Inggris. Panjangnya sejarah ini pada akhirnya menjadikan kapal tersebut sebagai museum dan menjadi media masyarakat untuk mengenal sejarah sang kapal.